Agar Blog Rame, Begini 9 Cara Membangun Komunitas Fans di Blog

Apa yang kamu rasakan jika blog kamu sepi pembaca dan bagaimana jadinya jika kamu tidak dapat membangun komunitas fans di blog kamu? Pasti sedih bukan? Hal itu akan membuat blog kamu tidak akan dapat berkembang dengan baik dan pada akhirnya akan berimbas pada penghasilan blog kamu yang sedikit, bahkan mungkin tidak ada. 

Meskipun tampilan desain blog kamu sudah bagus, namun itu tidaklah begitu penting. Bagian yang paling penting adalah para pembaca blog. Karena pembaca lah yang menentukan apakah blog kamu itu bagus atau tidak.

Dan karena itulah, adanya pembaca di blog harus lah diperhatikan dengan serius. Bukan saja dengan hanya memberikan konten artikel yang bermanfaat saja. Namun berilah keuntungan lain bagi pengunjung untuk mengakses blog kamu.

Carilah cara agar pembaca itu dapat dengan mudah mengakses blog kamu. Hal itu tidak lain tidak bukan untuk menjalin sebuah ikatan antara kamu dengan pembaca. Dengan kata lain, kamu harus membangun sebuah komunitas fans di blog kamu.


Bagaimana membangun komunitas fans di blog?


Agar Blog Rame, Begini 9 Cara Membangun Komunitas Fans di Blog

Terdapat banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk membangun komunitas fans di blog kamu. Yang harus kamu perhatikan adalah manfaatkan segala akses dan kesempatan untuk menyapa dan berinteraksi dengan mereka. Setidaknya, berilah mereka apresiasi karena tanpa mereka blog kamu tidak akan menjadi sebesar saat ini.

Berikut adalah tips-tipsnya:


1. Yang Pertama Komentar


Tips sederhana dalam membangun komunitas fans di blog kamu adalah dengan aspek komentar. Cara yang bisa kamu gunakan adalah:

  • Buatlah sebuah postingan, dimana di dalamnya kamu menambahkan sebuah pertanyaan dimana memicu para pembaca untuk menjawab pertanyaan yang kamu berikan.
  • Balaslah komentar pembaca. Hal ini memang terdengar sederhana, namun dengan membalas komentar pembaca akan membuat kesan baik tersendiri bagi para pembaca. Komentar yang diberikan pun beragam, ada yang menanggapi, memberikan ucapan terima kasih, atau malah menanyakan sesuatu terhadap isi konten kamu.
  • Mempermudah pembaca untuk meemberikan komentar. Jangan sampai kamu mempersulit pembaca untuk memberikan komentar. Contoh sederhana nya adalah tanpa perlu verifikasi chaptcha.
  • Berikan fitur postingan terbaru saat mereka berkomentar (contohnya jika wordpress menggunkana plugin commentluv).

2. Buatlah Postingan yang Orientasinya ke Pembaca


Kamu harus menunjukkan bahwa kamu itu memperhatikan para pembaca. Buatlah postingan yang berorientasi pembaca. Tips ini dilakukan dengan:


  • Menjawab pertanyaan yang diajukan pembaca, bisa dilakukan via facebook, twitter, email, atau komentar.
  • Membuat artikel yang di dalamnya terdapat link aktif ke artikel lain.
  • Memperlihatkan komentar pembaca yang kiranya bisa bermanfaat bagi para pembaca lain.
  • Membuat artikel wawancara dengan para pembaca blog anda.



3. Menggunakan Fasilitas E-mail


Ajak para pembaca blog kamu untuk ikut daftar ke RSS Feed kamu. Dengan begitu setiap postingan baru yang baru kamu buat, mereka akan menerima email pemberitahuan dan juga mereka tidak akan ketinggalan tentang update artikel di blog kamu.

Cara ini sangat ampuh agar nama blog kamu itu melekat di pikiran mereka, setiap ada permasalahan yang berkaitan dengan topic blog kamu, mereka pasti akan mengunjungi blog kamu. Kamu bisa menggunakan situs penyedia RSS Feed, seperti Feedburner.


4. Manfaatkan Sosial Media


Sosial media sangat berguna untuk membangun komunitas fans kamu di blog. Karena di sosial media, seperti Facebook, Twitter, atau Instagram, kamu bisa membangun sebuah komunitas fans. Disana mereka bisa saling berinteraksi satu sama lain. Misalnya untuk sharing ataupun mencari pengetahuan.


5. Buatlah Sebuah Polling, kontes Interaktif, atau Kuis


Polling berguna untuk membangun kedekatan kamu dengan para pembaca dengan mengajak mereka berpastisipasi untuk menentukan sesuatu. Sedangkan kontes interaktif adalah sebuah lomba dimana para pembaca diminta untuk mengikuti persyaratan dari kamu untuk memenangkan sebuah hadiah. Dan terakhir kuis adalah sebuah pertanyaan yang kamu berikan kepada para pembaca.


6. Ajak Pembaca Untuk Saling Berbagi


Cara yang banyak digunakan adalah dengan mengajak para pembaca untuk berpastisipasi mengirimkan artikel, kisah, atau yang lainnya. Dengan begitu, antara kamu dan pembaca dapat berbagi satu sama lain. Hal itu tentu bermanfaat bagi kamu dan mereka.


7. Berilah Masukan Kepada Mereka


Hal ini bisa berupa memberikan kritik atau saran yang membangun mengenai apa yang bisa atau harus mereka lakukan. Hal ini bisa dilakukan dengan menguhubungi mereka secara pribadi lewat email chatting, dan sebagainya.


8.  Berilah Pekerjaan Kepada Mereka


Jeni pekerjaan yang bisa kamu berikan adalah berbayar dan tidak berbayar. Untuk pekerjaan yang berbayar adalah memberikan kesempatan mereka untuk berkontribusi mengirimkan artikel. Dan setelah itu kamu bayar mereka sesuai dengan ketentuan di awal dan artikel yang mereka kirim.
Sementara pekerjaan yang tidak berbayar adalah menjadikan mereka juri dari kontes yang akan kamu laksanakan.


9. Selalu Ramah dan Rendah Hati


Sudah pada dasarnya, bahwa orang yang ramah dan rendah hati pasti disukai oleh banyak orang. Maka dari itu, kamu harus ramah dan rendah hati dalam mengurus blog, walaupun kamu ahli di satu bidang tertentu. Terimalah kritik dan saran dari para pembaca.

Cara lain bisa dengan tukaran link, saling blogwalking, menerima dan menjawab email pembaca, dan lain-lain.

Demikianlah beberapa tips membangun komunitas fans di blog. Jika kamu melakukannya dengan baik, pasti tips diatas berhasil untuk dilakukan. Sudah banyak blog-blog professional yang berhasil membangun komunitas fans di blog mereka. Sebut saja blog seperti panduanim.com, arlinadzgn.com, dan blog topik berbeda lainnya.
Mas Yudi Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.

Belum ada Komentar untuk "Agar Blog Rame, Begini 9 Cara Membangun Komunitas Fans di Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel