Cara Melaporkan Blog Copas (Copy Paste) Ke DMCA Agar Dihapus

Cara Melaporkan Blog CopasSebagai seorang blogger, rasanya sulit sekali agar artikel yang kita buat itu tidak di copy paste oleh orang lain. Meskipun kita sudah menerapkan keamanan yang ekstra, seperti menaruh script anti copas. Namun, tetap saja oknum blogger yang tidak merasa bersalah itu mencuri artikel kita. Sudah sewajarnya sih, sesuatu yang dipublikasikan di internet maka kita harus siap atas tindakan apa pun, termasuk tindakan copas ini.

Ada beberapa blogger yang memperbolehkan artikel yang dimuat dalam web mereka dicopas oleh orang lain. Tapi dengan beberapa syarat, diantaranya meminta izin terlebih dahulu, menaruh link sumber artikel, atau memberikan kompensasi. Akan tetapi, tidak semua blogger yang menaati permintaan tersebut.

Cara melaporkan blog copas ke DMCA
foto: jokowarinoblog.com

Seperti yang kita tahu, dampak dari blog yang di copy paste oleh orang lain sangatlah buruk. Diantaranya, penurunan peringkat hasil pencarian di Google, atau blog yang mengcopas artikel di blog kita peringkatnya malah berada di atas blog kita. Sungguh mengkhawatirkan, bukan?

Nah, untuk bisa menyerang balik mereka, Anda bisa melakukan blog mereka ke DMCA Google. Lantas, bagaimana cara melapor blog copas (copy paste) ke DMCA? Berikut penjelasannya.

Daftar Isi

Cara Melaporkan Blog Copas ke DMCA

1. DMCA Google

Cara yang pertama adalah dengan melapor ke DMCA Google. Jika terbukti blog yang Anda lapor itu melakukan tindakan copy paste, maka biasanya situs tersebut akan dihilangkan dari pencarian Google.

Berikut linknya: DMCA Dashbord Google

Sebelum mengisi form yang disediakan, jika Anda baru pertama kali mengunjungi situs ini, sebaiknya informasi yang ditampilkan dibaca terlebih dahulu. Setelah itu, barulah mengisi form yang diperlukan berupa:

Nama depan, nama belakang Anda, nama perusahaan (tidak diwajibkan), pemegang hak cipta yang diwakili (diri sendiri, dan jangan lupa centang kotak di bawahnya), alamat email, pilih Negara (Indonesia), selanjutnya Apakah pengiriman berhubungan dengan streaming tidak sah dari live streaming yang akan datang? (tidak).

Melaporkan blog copas menggunakan DMCA Google

Kemudian, untuk identifikasi dan uraikan karya berhak cipta:

Disini Anda harus menjelaskan detail pelanggaran hak cipta yang telah dilakukan. Uraikan dalam bahasa Indonesia, karena Google telah mendukung bahasa Indonesia.

Lalu, untuk di manakah kami bisa melihat contoh karya yang sah tersebut dan lokasi materi yang melanggar:

Masukkan link artikel Anda yang dicopas dan link blog yang melakukan copas. Anda bisa memasukkan banyak link sekaligus, jika memang banyak referensi sumbernya.

Melaporkan blog copas menggunakan DMCA Google

Lanjut, untuk pernyataan tersumpah:

Centang kotak yang tersedia, masukkan tanggal Anda melapor, dan masukkan nama Anda sebagai tanda tangan sah.

Dan terakhir, centang verifikasi robot.

Jika telah selesai, maka Anda telah berhasil melapor blog copas yang membuat Anda risau. Langkah selanjutnya ialah hanya menunggu email balasan dari Google.

Baca Juga: Tenyata Gampang! Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Tanpa Modal

2. DMCA Blogger

Selain menggunakan DMCA Google, Anda juga bisa melapor blog copas menggunakan DMCA Blogger. Tapi, dengan syarat platform yang digunakannya ialah Blogger.

Berikut linknya: BloggerReport

Setelah terbuka halaman baru, scroll ke bawah dan klik Report Content atau Laporkan Konten.

Melaporkan blog copas menggunakan DMCA Blogger

What is URL of the post you want to report? Masukkan URl blog yang mengcopas artikel Anda.

Which community guideline do you believe it violates? Terdapat banyak pilihan, tapi pilihlah Hak Cipta.

Help us understand more about why you are reporting it. Jelaskan dengan baik kalau blog Anda telah dicopas oleh orang lain. Masukkan juga url  artikel Anda yan telah dicopas.

How did you feel when you saw this post? Masukkan pendapat Anda, misalnya senang, sedih, dan sebagainya. Boleh tidak diisi.

Setelah semuanya terisi, klik Report.

Setelah Anda selesai melaporkan blog copas tadi, maka Blogger akan segera menindaklanjuti. Jika terbukti bersalah, maka artikel tersebut akan dihapus, atau bisa saja bahkan sama blognya langsung.

3. DMCA Wordpress

Setelah tadi Blogger kali ini Wordpress. Tapi jika situs tersebut menggunakan platform wordpress.com, tidak berlaku untuk wordpress.org yang non hosted.

Berikut linknya: Automattic DMCA

Sebelum mengisi, ada baiknya Anda membaca informasi yang tertera terlebih dahulu.

Input indentitas Anda sebagai pelapor dengan benar.

Nama depan, nama belakang Anda, nama perusahaan (boleh dikosongkan), alamat rumah, kota asal, provinsi asal, negara (Indonesia), kode pos daerah, nomor telepon, alamat email, dan nama Anda selaku pemilik hak cipta.

Melaporkan blog copas menggunakan DMCA Wordpress

No 1. Silahkan input url artikel blog (wordpress.com/hosted) yang melakukan tindakan copy paste pada artikel Anda (hanya bisa memasukkan 1 link/url).

No 2. Deskripsikan pelanggaran hak cipta yang telah dilakukan (dalam bahasa Inggris).

No 3. Masukkan url artikel Anda yang telah dicopas.

Melaporkan blog copas menggunakan DMCA Wordpress

Kemudian, centang semua persetujuan yang diperlukan. Lalu masukkan nama Anda sebagai tanda tangan. Dan terakhir klik submit jika semuanya telah terisi dengan benar.

Konsekuensinya sama seperti platform Blogger tadi.

Baca Juga: Cara Membuat Privacy Policy Untuk Blog Sangat Mudah dan Cepat

Nah, itulah tadi penjelasan tentang bagaimana cara melaporkan blog copas (copy paste) ke DMCA. Baik itu Goggle, Blogger, ataupun Wordpress. Jika ada yang dirasa kurang dimengerti, jangan sungkan untuk menanyakan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

Mas Yudi Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melaporkan Blog Copas (Copy Paste) Ke DMCA Agar Dihapus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel